Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19

Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pelaksanaan 
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi  COVID-19 

Oleh : Epi Sunalikah, S.Pd

Guru di SMP Negeri 9 Palangka Raya

    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 berisi arahan mengenai belajar dari rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan edaran tersebut, guru dituntut harus tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar walaupun dilaksanakan secara daring. Tantangan terbesar guru adalah bagaimana caranya agar materi tetap diterima siswa dengan baik walaupun tanpa tatap muka. Pada akhirnya guru harus kreatif dan inovatif menemukan cara untuk melaksanakan pembelajaran Jarak Jauh.

Pada saat ini, ada beberapa model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan tugasnya, salah satunya adalah Model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments), Model Pembelajaran Flipped Classroom, Model Pembelajaran Blended Learning dan masih banyak model pembelajaran jarak jauh lainnya. Beberapa model pembelajaran ini semuanya berbasis IT. Untuk mendukung pembelajaran berbasis IT tersebut guru dan siswa dapat memanfaatkan Portal rumah belajar yang dapat diakses di https://belajar.kemdikbud.go.id/ 

Apa itu portal Rumah Belajar?

Portal Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan pembelajaran serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis baik oleh Guru maupun Siswa.

Rumah Belajar hadir dengan empat Fitur utama yang dapat diakses antara lain : Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Serta beberapa fitur pendukung lainnya antara lain : Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan yang tidak kalah menarik yaitu Edugame. Dengan Rumah belajar segalanya menjadi mudah. Siswa dan guru dapat mengakses portal rumah belajar walaupun hanya melalui smartphone. Belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Notes by Mba_epii Blog Design by Ipietoon